NAMA SEKOLAH : SMK Negeri
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganearaan
KELAS/SEMESTER : X/ 1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Hakikat Bangsa
dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU :
14 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
· Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial
· Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
· Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
Bangsa dan negara
o
Manusia sebagai
mahkluk individu dan mahkluk sosial
o
Pengertian dan unsur
terbentuknya bangsa
o Pengertian Negara
dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang
berdaulat
- Pengakuan dari
negara lain
|
Mengkaji berbagai literatur tentang
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian
literatur tentang pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, pengertian negara
dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
o Non tes: Performance test (tugas kelompok/
individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
4
|
· Darji Darmo-diharjo, (1990), Pendidiikan
Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang
· Budiyanto,(1999) Tata negara untuk SMA, Jakarta
Penerbit Erlangga
|
||
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
|
· Menganalisis pengertian Negara
· Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
· Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
· Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
|
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya
negara
o pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk-bentuk
kenegaraan
|
Mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang
pengertian dan asal mula terjadinya Negara
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian
literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan
bentuk-bentuk kenegaraan
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/
individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
4
|
· Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan
Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
|
||
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
·
Menguraikan pengertian
dan fungsi negara
·
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
· Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
o Pengertian fungi dan tujuan negara secara universal
o Pengertian dan tujuan
NKRI
o Perbandingan
berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian,
fungsi negara secara universal
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian
literatur tentang teori fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/
ndividu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2
|
· Idrus Affandi, (1997), Tata Negara,
|
||
1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
·
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
·
Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
·
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
·
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
|
o Semangat kebangsaan
(nasionalisme dan patriotisme)
o Makna nasionalisme
o Macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
|
Mengkaji dari berbagai literatur tentang semangat
kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan
nasionalisme
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian
literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif
terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/
individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
4
|
· Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah
kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
· Hans Kohn, (1961) Nasionalisme arti dan
sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
|
0 komentar:
Post a Comment