Monday, June 11, 2012

Silabus Pendidikan Agama Katolik Untuk SMK / MAK


NAMA SEKOLAH                      :   SMK Negeri 2 Salatiga
MATA PELAJARAN                   :   Agama Katolik
KELAS/SEMESTER                  :   X/1
STANDAR KOMPETENSI        :   Memahami nilai-nilai keteladanan Yesus Kristus sebagai landasan mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan sehingga dapat berelasi dengan sesama secara lebih baik
KODE KOMPETENSI                :   1. Pribadi Peserta didik
ALOKASI WAKTU                      :   38 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1   Mengenal diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cita-cita dan panggilan hidupnya, sehingga menerima diri sebagaimana adanya

·    Mendeskripsikan kekhasan dirinya dibandingkan dengan yang lain dari segi fisik, sifat, pengalaman hidup dan cita-cita.
·    Menjelaskan sikap yang biasanya muncul terhadap perbedaan/ keunikan diri.
·    Menjelaskan sikap yang perlu dikembangkan terhadap keunikan yang dimiliki
·    Mengungkapkan rasa syukur dirinya sebagai pribadi yang unik dalam bentuk doa tertulis.

·    Saya Pribadi yang Unik

·    Menyebutkan keunikan diri kita dilihat dari segi jasmania, rohaniah, dan pengalaman hidup : mengisi kartu identitas diri dan tanya jawab.
·    Mengungkapkan identitas : menggambar simbol diri dan membuat puisinya.
·    Mendalami keunikan diri dalam terang Kitab Suci : Kej. 1 : 26 – 31; Mendoakan pada Mzm. 139 dan tanya jawab, penugasan.



·    Test tertulis.
·    portofolio

6



·    Kitab Suci

·    Buku  Guru/Siswa PAK SMA/SMK  kls X  (Komkat KWI)

·    Pengalaman siswa.

1.2   Memahami dirinya sebagai manusia yang diciptakan Allah menurut citra-Nya, sehingga menyadari bahwa semua manusia adalah saudara se-Allah Bapa.

·    Menjelaskan pesan pokok Kej 1: 26 – 27.
·    Menerangkan arti manusia diciptakan sebagai Citra Allah.
·    Menginventarisir kebaikan-kebaikan dirinya yang menggambarkan kebaikan Allah.
·    Menjelaskan sikap-sikap positif terhadap orang lain, tidak berperasangka buruk.
·    Menulis komentar tertulis atas ucapan-ucapan orang Kudus tentang keluhuran manusia sebagai citra Allah.

Saya diciptakan sebagai Citra Allah.

·       Mendalami makna “Gambaran” dan “Citra” : Penugasan : menjawab pertanyaan reflektif.
·       Menyadari dan mendalami manusia sebagai gambaran dan citra Allah : membaca Kitab Suci Kej. 2 : 4 – 7 dan  tanya jawab.
·       Menyadari diri melalui doa atau puisi bahwa kita adalah citra Allah : menyusun doa atu puisi tentang dirinya sebagai citra Allah.
·       Penugasan : merenungkan dan mencatat ucapan-ucapan orang kudus.


·        Test  tertulis, lisan
·        Portofolio

8



·    Kitab Suci

·    Pengalaman siswa

·    Cerita orang Kudus

·    Buku PAK SMA/SMK
·    Buku Guru PAK SMA/SMK kls. X (Komkat KWI)
1.3   Memahami  jati diri pria dan wanita yang diciptakan Allah untuk saling melengkapi sebagai partner yang sederajat

·    Menulis laporan hasil wawancara tentang kesetaraan antara pria dan wanita.
·    Menguraikan praktek-praktek ketidaksetaraan pria dan wanita
·    Menganalisis sebab-sebab terjadinya ketidaksetaraan pria dan wanita
·    Mengartikan makna kutipan Kej. 2 : 18 – 23 berkaitan dengan kedudukan pria dan wanita.
·    Menjelaskan usaha-usaha untuk mengembangkan penghargaan terhadap martabat kaum wanita sebagaimana diamanatkan oleh Injil.
·    Menjelaskan tentang penghargaan terhadap lawan jenis dengan berbuat adil.
·    Menulis niat untuk melawan perendahan martabat manusia.


·    Kepriaan dan Kewanitaan.

·    Mendalami makna kepriaan dan kewanitaan. Menggali pemahaman tentang simbol-simbol kepriaan dan kewanitaan, membaca cerita rakyat “Pria dan wanita” serta  menjawab pertanyaannya.
·    Mendalami hakikat Kepriaan dan Kewanitaan : menyebut dan menjelaskan ciri-ciri kepriaan dan kewanitaan.
·    Mendalami masalah daya tarik antara pria dan wanita : membaca syair lagu “Untukmu kekasih” : Ebiet dan menjawab pertanyaannya.
·    Mendalami kepriaan dan kewanitaan dalam terang Kitab Suci : Membaca Kitab Suci Kej. 1 : 26 – 27; 2 : 4 – 7; 2 : 18 – 24 dan penugasan : memberikan komentar atas puisi “lagu Gadis Itali”.



·       Test tertulis.
·       Test prilaku.
·       Portofolio


8



·   Kitab Suci
·   Buku Guru/Siswa PAK kls. X (Komkat KWI)
·   Pengalaman hidup siswa





1.4   Memahami suara hatinya, sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat

·    Mengungkapkan pengalaman saat harus mengambil keputusan yang sama-sama sulitnya beserta latar belakang atas pilihan itu.
·    Menafsirkan teks Luk 22 : 39 – 46 dalam kaitannya membuat pilihan yang sulit
·    Menjelaskan arti dan fungsi suara hati.
·    Meneladan sikap Yesus Kristus dalam setiap membuat keputusan suara hati .


Suara Hati.


·    Mendalami arti dan makna suara hati. Membaca cerita “Pergumulan Hati Nurani seorang Gadis” dan diskusi.
·    Mendalami arti arti dan peranan suara hati dalam Kitab Suci dan Dokumen Gereja (GS) ; Membaca Rom. 7 : 14 – 26 dan mendiskusikannya.


· Test tertulis
· Portofolio


8



·    Kitab Suci
·    Dok. GS
·    Buku Guru/Siswa PAK SMA/SMK kls X (Komkat KWI)
·    Pengalaman hidup siswa
·    Kliping berita
1.5   Bersikap kritis terhadap pengaruh media massa, kelompok tertentu dan sebagainya sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat dan benar yang dapat dipertanggung jawabkan

·    Menuliskan kembali kisah Yesus dicobai dalam bahasa sendiri
·    Menjelaskan pengertian dan sebab akibat konsumerisme, materialisme, dan hedonisme.
·    Menjelaskan usaha preventif terhadap pengaruh konsumerisme, materialisme, dan hedonisme.
·    Mengkritisi fenomena supranatural, paranormal, santet dan ilmu hitam.
·    Mengkritisi pengaruh media massa terhadap konsumerisme, materialisme, dan hedonisme.


Bersikap kritis terhadap media massa

·    Mengenal macam-macam media massa : membaca artikel tentang macam-macam media massa dan  mendiskusikannya.
·    Mendalami media massa  dan pengaruhnya : melalui diskusi.
·    Mendalami sikap Yesus yang kritis sebagaimana dikisahkan dalam Injil : membaca Mrk. 2 : 23 – 28 dan mendiskusikannya.
·    Mencermati dan membangun sikap kritis : menginventarisir upaya-upaya dalam membina sikap kritis.



·       Test lisan dan tertulis.
·       Analisis kasus.
·       Portofolio.
·       Unjuk karya.

8



·    Kitab Suci
·    Dok. KV. II.
·    Buku Guru/Siswa PAK SMA/SMK kls. X (Komkat KWI) Pengalaman hidup siswa.
·    Kliping.

·                       

FILE SELENGKAPNYA DAPAT DOWNLOAD DISINI (ZIDDU) ATAU DISINI (4SHARED)

0 komentar:

Post a Comment