NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 2 Salatiga
MATA PELAJARAN : Agama Katolik
KELAS/SEMESTER : X/1
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Mengenal diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cita-cita dan
panggilan hidupnya, sehingga menerima diri sebagaimana adanya
|
·
Mendeskripsikan
kekhasan dirinya dibandingkan dengan yang lain dari segi fisik, sifat, pengalaman
hidup dan cita-cita.
·
Menjelaskan sikap yang
biasanya muncul terhadap perbedaan/ keunikan diri.
·
Menjelaskan sikap yang
perlu dikembangkan terhadap keunikan yang dimiliki
·
Mengungkapkan rasa
syukur dirinya sebagai pribadi yang unik dalam bentuk doa tertulis.
|
·
Saya Pribadi yang Unik
|
·
Menyebutkan keunikan
diri kita dilihat dari segi jasmania, rohaniah, dan pengalaman hidup :
mengisi kartu identitas diri dan tanya jawab.
·
Mengungkapkan
identitas : menggambar simbol diri dan membuat puisinya.
·
Mendalami keunikan
diri dalam terang Kitab Suci : Kej. 1 : 26 – 31; Mendoakan pada Mzm. 139 dan tanya jawab, penugasan.
|
·
Test tertulis.
·
portofolio
|
6
|
|
|
·
Kitab Suci
·
Buku
Guru/Siswa PAK SMA/SMK kls
X (Komkat KWI)
·
Pengalaman siswa.
|
1.2 Memahami dirinya sebagai manusia yang diciptakan Allah menurut citra-Nya,
sehingga menyadari bahwa semua manusia adalah saudara se-Allah Bapa.
|
·
Menjelaskan pesan
pokok Kej 1: 26 – 27.
·
Menerangkan arti
manusia diciptakan sebagai Citra Allah.
·
Menginventarisir
kebaikan-kebaikan dirinya yang menggambarkan kebaikan Allah.
·
Menjelaskan
sikap-sikap positif terhadap orang lain, tidak berperasangka buruk.
·
Menulis komentar
tertulis atas ucapan-ucapan orang Kudus tentang keluhuran manusia sebagai
citra Allah.
|
Saya diciptakan
sebagai Citra Allah.
|
·
Mendalami makna “Gambaran” dan “Citra” : Penugasan : menjawab pertanyaan
reflektif.
·
Menyadari dan mendalami manusia sebagai gambaran dan citra Allah :
membaca Kitab Suci Kej. 2 : 4 – 7 dan
tanya jawab.
·
Menyadari diri melalui doa atau puisi bahwa kita adalah citra Allah :
menyusun doa atu puisi tentang dirinya sebagai citra Allah.
·
Penugasan : merenungkan dan mencatat ucapan-ucapan orang kudus.
|
·
Test tertulis, lisan
·
Portofolio
|
8
|
|
|
·
Kitab Suci
·
Pengalaman siswa
·
Cerita orang Kudus
·
Buku PAK SMA/SMK
·
Buku Guru PAK SMA/SMK kls. X (Komkat KWI)
|
1.3 Memahami jati diri pria dan wanita
yang diciptakan Allah untuk saling melengkapi sebagai partner yang sederajat
|
·
Menulis laporan hasil
wawancara tentang kesetaraan antara pria dan wanita.
·
Menguraikan
praktek-praktek ketidaksetaraan pria dan wanita
·
Menganalisis
sebab-sebab terjadinya ketidaksetaraan pria dan wanita
·
Mengartikan makna
kutipan Kej. 2 : 18 – 23 berkaitan dengan kedudukan pria dan wanita.
·
Menjelaskan
usaha-usaha untuk mengembangkan penghargaan terhadap martabat kaum wanita
sebagaimana diamanatkan oleh Injil.
·
Menjelaskan tentang
penghargaan terhadap lawan jenis dengan berbuat adil.
·
Menulis niat untuk
melawan perendahan martabat manusia.
|
·
Kepriaan dan Kewanitaan.
|
·
Mendalami makna kepriaan dan kewanitaan. Menggali pemahaman tentang
simbol-simbol kepriaan dan kewanitaan, membaca cerita rakyat “Pria dan
wanita” serta menjawab pertanyaannya.
·
Mendalami hakikat Kepriaan dan Kewanitaan : menyebut dan menjelaskan
ciri-ciri kepriaan dan kewanitaan.
·
Mendalami masalah daya tarik antara pria dan wanita : membaca syair lagu
“Untukmu kekasih” : Ebiet dan menjawab pertanyaannya.
·
Mendalami kepriaan dan kewanitaan dalam terang Kitab Suci : Membaca Kitab
Suci Kej. 1 : 26 – 27; 2 : 4 – 7; 2 : 18 – 24 dan penugasan : memberikan komentar
atas puisi “lagu Gadis Itali”.
|
·
Test tertulis.
·
Test prilaku.
·
Portofolio
|
8
|
|
|
· Kitab Suci
·
Buku Guru/Siswa PAK kls. X (Komkat KWI)
·
Pengalaman hidup siswa
|
1.4 Memahami suara hatinya, sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
·
Mengungkapkan pengalaman
saat harus mengambil keputusan yang sama-sama sulitnya beserta latar belakang
atas pilihan itu.
·
Menafsirkan teks Luk
22 : 39 – 46 dalam kaitannya membuat pilihan yang sulit
·
Menjelaskan arti dan
fungsi suara hati.
·
Meneladan sikap Yesus
Kristus dalam setiap membuat keputusan suara hati .
|
Suara Hati.
|
·
Mendalami arti dan makna suara hati. Membaca cerita “Pergumulan Hati
Nurani seorang Gadis” dan diskusi.
·
Mendalami arti arti dan peranan suara hati dalam Kitab Suci dan Dokumen
Gereja (GS) ; Membaca Rom. 7 : 14 – 26 dan mendiskusikannya.
|
·
Test tertulis
·
Portofolio
|
8
|
|
|
·
Kitab Suci
·
Dok. GS
·
Buku Guru/Siswa PAK SMA/SMK kls X (Komkat KWI)
·
Pengalaman hidup siswa
·
Kliping berita
|
1.5 Bersikap kritis terhadap pengaruh media massa, kelompok tertentu dan
sebagainya sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat dan benar yang dapat
dipertanggung jawabkan
|
·
Menuliskan kembali
kisah Yesus dicobai dalam bahasa sendiri
·
Menjelaskan pengertian
dan sebab akibat konsumerisme, materialisme, dan hedonisme.
·
Menjelaskan usaha preventif
terhadap pengaruh konsumerisme, materialisme, dan hedonisme.
·
Mengkritisi fenomena
supranatural, paranormal, santet dan ilmu hitam.
·
Mengkritisi pengaruh
media massa terhadap konsumerisme, materialisme, dan hedonisme.
|
Bersikap kritis
terhadap media massa
|
·
Mengenal macam-macam media massa : membaca artikel tentang macam-macam
media massa dan mendiskusikannya.
·
Mendalami media massa dan
pengaruhnya : melalui diskusi.
·
Mendalami sikap Yesus yang kritis sebagaimana dikisahkan dalam Injil :
membaca Mrk. 2 : 23 – 28 dan mendiskusikannya.
·
Mencermati dan membangun sikap kritis : menginventarisir upaya-upaya
dalam membina sikap kritis.
|
·
Test lisan dan tertulis.
·
Analisis kasus.
·
Portofolio.
·
Unjuk karya.
|
8
|
|
|
·
Kitab Suci
·
Dok. KV. II.
·
Buku Guru/Siswa PAK SMA/SMK kls. X (Komkat KWI) Pengalaman hidup siswa.
·
Kliping.
·
|
0 komentar:
Post a Comment